Capaian Pembelajaran

Hubungan antara Jalur-Jalur Karier dengan Profil Profesional Mandiri

Tujuan Kurikulum 2016 yang dijalankan oleh Prodi Sarjana Teknik Geologi adalah mewujudkan sistem pendidikan yang efisien, produktif dan berkesinambungan serta memiliki standar internasional dalam menghasilkan profil lulusan Sarjana Teknik Geologi sebagai berikut:

  • Ahli geologi pemula (junior geologist) pada bidang sumberdaya mineral, batubara, migas, panas bumi dan sumberdaya geologi lainnya
  • Ahli geologi teknik, ahli hidrogeologi, dan ahli geologi lingkungan pemula (junior engineering geologist, hydrogeologist and environmental geologist)
  • Aparatur sipil negara/birokrat bidang sumberdaya geologi, lingkungan dan bencana geologi
  • Asisten peneliti di bidang sumberdaya geologi, lingkungan dan bencana geologi
  • Asisten pengajar/akademisi dan laboran pada lingkungan perguruan tinggi
  • Konsultan/praktisi pemula di bidang sumberdaya geologi, lingkungan dan bencana geologi

Peraturan Rektor UGM no 16 tahun 2016 pasal 3 ayat 2 mengarahkan agar profil lulusan Sarjana Teknik Geologi tersebut diharapkan berkembangan dengan kompetensi yang berorientasi ke masa depan serta menjamin kesesuaian dengan tantangan di masa kini dan depan, yang ditandai dengan:

  • penguasaan ilmu pengetahuan
  • sikap profesional
  • keterampilan dalam profesi
  • ketangguhan, etika, integritas, kebersahajaan, kepedulian, jiwa kepemimpinan dan kepeloporan, serta jiwa socio-entrepreneurial.

 

KOMPETENSI LULUSAN PROGRAM STUDI SARJANA TEKNIK GEOLOGI

Tipe Kompetensi

KKNI

EAC ABET

I. Kompetensi Utama 1. Mampu mengaplikasikan keahlian di bidang Teknik Geologi dan memanfaatkan ilmu pengetahuan serta teknologi dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. (a) mampu menerapkan pengetahuan matematika, sains, dan keteknikan dalam memecahkan permasalahan geologi.
(b) mampu merancang dan melaksanakan eksperimen atau pemodelan geologi, serta mampu untuk menganalisis dan menginterpretasi hasilnya.
2. Menguasai konsep teoritis bidang Geologi secara umum dan konsep teoritis dalam bidang Teknik Geologi secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. (c) mampu merancang sistem, komponen, atau proses dalam pengambilan data geologi.
(d) mampu mengidentifikasi, merumuskan, dan memecahkan permasalahan geologi.
II. Kompetensi Pendukung 3. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data geologi, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi keteknikan secara mandiri dan kelompok. (e) mampu bekerja dalam kelompok multidisiplin.
(f) memiliki pandangan luas terhadap dampak solusi keteknikan pada permasalahan geologi dalam konteks masyarakat, lingkungan, ekonomi, dan global.
(g) memiliki pengetahuan terhadap isu-isu kontemporer dalam bidang geologi.
(h) mampu menggunakan teknik, ketrampilan, dan perangkat keteknikan modern dalam praktek rekayasa di bidang geologi.
III. Kompetensi Lain 4. Bertanggung jawab pada pekerjaan baik secara mandiri maupun organisasi. (i) memahami tanggungjawab profesi dan etis.
(j) mampu berkomunikasi dengan baik.
(k) mengenali kebutuhan akan, dan mampu terikat dalam, proses pembelajaran sepanjang hayat.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN PROGRAM STUDI SARJANA TEKNIK GEOLOGI

SETIAP LULUSAN PROGRAM STUDI SARJANA TEKNIK GEOLOGI PROGRAM STUDI SARJANA MEMILIKI CAPAIAN PEMBELAJARAN SEBAGAI BERIKUT:
1.       SIKAP:
a.    bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

b.   menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

c.    berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

d.   berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

e.    menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

f.     bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

g.    taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

h.   menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

i.     menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang Teknik Geologi secara mandiri;

j.     menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;

2.       PENGUASAAN PENGETAHUAN:
a.       mampu bekerja dalam kelompok multidisiplin;

b.      memiliki pandangan luas terhadap dampak solusi keteknikan pada permasalahan geologi dalam konteks masyarakat, lingkungan, ekonomi, dan global;

c.       memiliki pengetahuan terhadap isu-isu kontemporer dalam bidang geologi;

d.      mampu menggunakan teknik, ketrampilan, dan perangkat keteknikan modern dalam praktek rekayasa di bidang geologi;

e.      memahami tanggungjawab profesi dan etis;

f.        mampu berkomunikasi dengan baik;

g.       mengenali kebutuhan akan, dan mampu terikat dalam, proses pembelajaran sepanjang hayat.

3.       KETERAMPILAN KHUSUS:
a.       mampu menerapkan pengetahuan matematika, sains, dan keteknikan dalam memecahkan permasalahan geologi;

b.      mampu merancang dan melaksanakan eksperimen atau pemodelan geologi, serta mampu untuk menganalisis dan menginterpretasi hasilnya;

c.       mampu merancang sistem, komponen, atau proses dalam pengambilan data geologi;

d.      mampu mengidentifikasi, merumuskan, dan memecahkan permasalahan geologi;

4.       KETERAMPILAN UMUM:
a.    mampu menerapkan pemikiran  logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang  memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang Teknik Geologi;

b.   mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

c.    mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dalam bidang Teknik Geologi berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;

d.   mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian di bidang Teknik Geologi dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

e.    mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang Teknik Geologi, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

f.     mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;

g.    mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta  evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;

h.   mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;

i.     mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;