Pendaftaran Ulang Mahasiswa Program Diploma, Sarjana, Profesi, Dan Pascasarjana Semester Gasal Tahun Akademik 2016/2017

Diumumkan  kepada  mahasiswa Program  Diploma,  Sarjana,  Profesi,  dan Pascasarjana

Universitas  Gadjah Mada bahwa  pendaftaran  ulang  dan  pembayaran SPP/UKT  semester gasal

Tahun  Akademik 201612017  diatur  sebagai berikut:

  1. KEWAJIBAN MENDAFTAR ULANG

Mahasiswa  angkatan 2015  dan  angkatan  sebelumnya  yang  akan  melanjutkan  studi  pada

Semester  Gasal Tahun  Akademik  201612017  serta mahasiswa  yang  belum lulus yudisium

sampai  dengan  tanggal  1 Agustus  2016wajib  melakukan  pendaftaran  ulang  dengan  cara

melunasi  biaya pendidikan.

!!.  WAKTU  DAN  TEMPAT  PENDAFTARAN

Pembayaran  dimulai tanggal  1 Juli s/d 1 Agustus 2016 melalui Bank  yang  bermitra  dengan

UGM yaitu  BNl, Bank  Mandiri, BTN,  BRl, Bank  Syariah  Mandiri.

Langkah-langkah  pembayaran  dapat  dilihat pada  pengumuman  tata  cara pembayaran

heregistrasi  di laman  http://akademik.uom.ac.id/

III.  BIAYA  PENDIDIKAN  YANG  DIBAYARKAN

Besarnya  biaya  pendidikan sesuai  dengan  ketentuan  pada  masing-masing program  studi.

!V.  SYARAT.SYARAT  DAN  PROSEDUR  PENDAFTARAN  ULANG

  1. Mahasiswa yang  tidak  terputus  masa  studinya

Langsung melakukan  pembayaran  sesuai  dengan  kewajiban  yang  sudah  ditentukan

melalui  bank  yang  ditunjuk  pada Bagian  ll.

  1. Mahasiswa yang  terputus  masa  studinya

Untuk menentukan  biaya yang wajib dibayarkan,  mahasiswa  harus  melakukan

konfirmasi  ke Direktorat  Keuangan,  kantor  pusat  UGM dengan  menunjukkan kartu

mahasiswa  dan  surat  pengaktifan  dari  Dekan/Direktur  Sekolah  yang  diajukan  ke

Universitas  paling lambat  tanggat  21 Juni  2016.

  1. Mahasiswa perpanjangan masa  studi

Untuk menentukan  biaya  yang  wajib dibayarkan,  mahasiswa  harus  melakukan

konfirmasi ke kantor  Direktorat  Keuangan,  kantor  pusat UGM  dengan  menunjukkan

kartu  mahasiswa  dan  surat izin  perpanjangan  masa  studi  dari  Dekan/Direktur.  Biaya

pendidikan  akan  disesuaikan dengan ketentuan  yang  berlaku  di Fakultas/Sekolah.

  1. Mahasiswa Program Profesi  yang telah  lulus  tetapi  betum  dilantik

Mahasiswa  yang  dinyatakan  lulus  Program  Profesi  sebelum  tanggal  l  Agustus  2016

sehingga  menunggu  pelantikan  saja,  dibebaskan  dari kewajiban  pembayaran  pada

Semester  Gasal  TA 201612017.

  1. Mahasiswa Penerima BlDlKMlSl dan Beasiswa  Afirmasi  Dikti  (ADik)

Mahasiswa  penerima  Beasiswa  BlDlKMlSl  dan  Beasiswa  Afirmasi  Dikti  (ADik) tahun

2013,2014,  dan  2015  biaya  pendidikan akan  distatuskan  LUNAS pada Semester Gasal

TA  201612017.  Untuk  proses  pendaftaran  ulang  penerima  Beasiswa  BlDlKMlSl  dan

Beasiswa  ADik,  menunggu  pengumuman  dari Direktorat  Kemahasiswaan.

  1. SANKSI

Mahasiswa yang  sampai  dengan  tanggal  1 Agustus 2016  tidak/belum  melakukan

pendaftaran  ulang,  maka  tidak  diperbolehkan  mengikuti  kegiatan  akademik  dan

menggunakan  fasilitas  akademik  yang  tersedia pada  periode Semester  Gasal TA.

2016t2017

  1. LAIN.LAIN
  2. Pembayaran BOP
  3. Bagi Mahasiswa Angkatan 20’13  dan  setelahnya,  komponen  BOP sudah termasuk

dalam Uang  Kuliah  Tunggal (UKT)  dan  dibayarkan  pada  periode  pendaftaran  ulang.

  1. Bagi Mahasiswa Diploma  sebelum  Angkatan  2013,  pembayaran  BOP  dilaksanakan

bersamaan  dengan pembayaran  SPP  pada  periode  pendaftaran  ulang.

  1. Bagi Mahasiswa Sarjana sebelum Angkatan  2013,  BOP  dibayarkan  sesuai  jumlah

SKS  yang  diambil, mulai tanggal  6 September 2016  s/d  20  September  2016.

Semua  mahasiswa  UGM kecuali  mahasiswa  program  pascasarjana  wajib  mengikuti

asuransi  kesehatan  Gadjah  Mada Medical Center  yang  diselenggarakan  oleh UGM

dengan  membayar premi sebesar  Rp 40.000,00  (empat  puluh ribu  rupiah)  per semester

dibayarkan  bersamaan  dengan  pembayaran  SPP (bagi mahasiswa  sebelum  Angkatan

2013).  Khusus untuk  Mahasiswa  Angkatan 2013  dan  setelahnya, pembayaran  premi

sudah  tercakup  dalam  Uang  Kuliah  Tunggal (UKT).

Mahasiswa  yang  karena  sesuatu  hal  merencanakan  berhenti  mengikuti kegiatan

akademik  untuk  sementara  waktu  (cuti akademik),  harus  memperoleh  ijin  tertulis  dari

Dekan  Fakultas/Direktur  Sekolah  dengan  syarat:

  1. Lunas SPP/BOP atau UKT sampai  dengan  Semester  Genap 201512016,
  2. Sudah lolos evaluasi studi  2 semester;
  3. Tidak sedang menerima beasiswa  BPPDN/Kerjasama;

Surat  Permohonan  Cuti Akademik,  Aktif kembali,  dan Perpanjangan  Masa  Studi  diajukan

melalui  Dekan/Direktur  Sekolah kepada  Wakil Rektor  Bidang Akademik  dan

Kemahasiswaan  paling  lambat  tanggal  21 Juni  2016.

Surat  Permohonan  Penundaan  Pembayaran  UKT  pada  Program  Sarjana  dan Diploma  di

Lingkungan Universitas Gadjah  Mada  dapat diajukan  apabila  memenuhi salah satu

kriteria  berikut:

  1. pada saat periode pembayaran  mengalami  kehilangan  salah satu anggota  keluarga

sebagai  sumber  pembiayaan  yaitu  ibu  kandung, ayah  kandung, atau saudara

kandung,  dibuktikan  dengan  surat kematian;

  1. sedang menjalankan tugas  negara  atau  tugas  Universitas  Gadjah Mada,  dibuktikan

dengan  surat keterangan  tugas  dari Rektor/Dekan  Fakultas/Direktur  Sekola