Groundwater Working Group

Groundwater working group (GWWG) adalah organisasi semi otonom dibawah Dekan Fakultas Teknik UGM yang bertujuan untuk mengembangkan pengelolaan air tanah yang berkelanjutan. Lingkup kegiatan dari organisasi ini meliputi penelitian, pendidikan/training, pengabdian pada masyarakat dan pengembangan teknologi airtanah. Selain itu, organisasi ini juga berusaha untuk mempromosikan ke pemerintah, swasta maupun masyarakat mengenai arti pentingnya keberlanjutan airtanah sebagai sumber air baku. Anggota dari organisasi ini adalah ahli yang terkait dengan airtanah baik dari UGM maupun luar UGM. Organisasi ini berdiri karena adanya kesadaran dari pemerhati airtanah atas munculnya banyak permasalahan tentang airtanah baik secara kuantitas maupun kualitas akibat adanya pertumbuhan penduduk dan ekonomi yang tidak memperhatikan aspek lingkungan.

Visi dari GWWG adalah menjadi institusi terdepan dalam bidang sumber daya air tanah, konservasi dan perlndungan air tanah, pengembangan teknologi, mineralisasi dan keamanan air, serta kualitas air tanah.

Misi dari working group ini adalah melakukan kegiatan penelitian, pengembangan teknologi, edukasi dan publikasi di bidang sumber daya air tanah dengan tujuan untuk membangun pengetahuan secara komprehensip dalam pengelolaan sumber daya air tanah yang terintegrasi.

Untuk mendirikan institusi ilmiah yang secara total berdedikasi untuk meningkatkan kesadaran para stakeholders meliputi pemerintah, ahli, professional, LSM dan masyarakat  untuk keberlanjutan sumberdaya airtanah.