Fasilitas

#

Laboratorium Geologi Dinamik melayani kegiatan pendidikan dalam bidang Ilmu Geologi Dasar Geologi, diantaranya yaitu Geologi Dasar, Geomorfologi, Geologi Struktur dan Geologi Citra Penginderaan Jauh. Disamping itu, Laboratorium Geologi Dinamik melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

#

Laboratorium Geologi Optik merupakan laboratorium yang mengembangkan penelitian berbasis pengamatan sayatan tipis batuan dan mineral menggunakan mikroskop polarisasi.

#

Laboratorium Bahan Galian terdiri atas bidang keahlian mineralogi, petrologi dan geologi sumberdaya mineral (geologi ekonomi).

#

Laboratorium Paleontologi melayani kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Ilmu Paleontologi dan ilmu terapan lainnya, diantaranya yaitu Paleontologi, Paleontologi Analisis, Palinologi, dan Prinsip Stratigrafi.

#

Laboratorium Geofisika Eksplorasi mendukung pemodelan geologi bawah permukaan berdasarkan sifat-sifat fisika batuan di bawah permukaan diukur dengan alat-alat yang dioperasikan di permukaan.

#

Penelitian ataupun riset yang dilakukan di Laboratorium Sedimentologi meliputi bidang sedimentology, geologi minyak dan gas bumi, dan geologi batubara.

#

Laboratorium Geokimia mendukung penerapan ilmu geologi, dengan pendekatan geokimia, untuk kepentingan mitigasi bencana alam kegunungapian dan eksplorasi SDA yang terkait.

#

Bidang keilmuan yang didukung oleh Laboratorium Geologi Tata Lingkungan (GTL) antara lain bidang air tanah, geologi teknik, dan geologi lingkungan.

#

Laboratorium Pusat Geologi terdiri dari kelompok bidang keahlian geokimia anorganik, geokimia organik, geokimia lingkungan dan air tanah serta geokimia eksplorasi.

#

Laboratorium Stasiun Lapangan Geologi Prof. Soeroso Notohadiprawiro dibangun sebagai sarana pelaksanaan kuliah lapangan mahasiswa Departemen Teknik Geologi FT UGM.

#

GetIn-CICERO, singkatan dari German Indonesian Geo-Campus in Indonesia for Competence in Education and Research for Organizations, merupakan joint-research campus atau kampus bersama berbasis penelitian di UGM yang didirikan sejak 2007 sebagai implementasi atas bentuk kerjasama dan kolaborasi antara Fakultas Teknik UGM dan Faculty of Geo-Resources and Material Engineering, RWTH Aachen of Germany.

#

Perpustakaan atau ruang referensi Departemen Teknik Geologi UGM adalah bagian dari departemen yang bertugas untuk menyimpan dan mengelola Pustaka yang dimiliki oleh departemen.

#

Taman Batu yang berlokasi di lingkungan gedung Departemen Teknik Geologi FT UGM ini memiliki koleksi batuan lengkap yang terdiri atas batuan beku, sedimen, dan metamorf. Awalnya, batuan tersebut merupakan koleksi batuan para dosen Departemen Teknik Geologi FT UGM yang melakukan penelitian dari seluruh Indonesia.Dari koleksi tersebut kemudian dipilih sampel-sampel yang berukuran besar untuk diabadikan sebagai Taman Batu sekaligus digunakan sebagai media edukasi.