Unconventional Geo-resources Research Group

Pusat Kajian Sumberdaya Bumi Non-Konvensional Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGRG) didirikan pada tanggal 2 Januari 2019, melalui SK Dekan Fakultas Teknik UGM Nomor 106.P/H1.17/KP/2019 sebagai wadah penelitian antar disiplin ilmu untuk mengkaji sumberdaya bumi non-konvensional. Peneliti yang tergabung dalam UGRG memiliki latar belakang dari berbagai disiplin ilmu yang saling mendukung untuk mewujudkan pengelolaan sumberdaya bumi yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.

Terdapat tiga kelompok kerja utama yang dibentuk yaitu komisi sumberdaya mineral, sumberdaya energi, dan lingkungan. Fokus penelitian UGRG mencakup proses eksplorasi, eksploitasi, hingga ekstraksi sumberdaya bumi non-konvensional. Dalam bidang energi, istilah non-konvensionalĀ merujuk pada sumberdaya minyak dan gas yang diperoleh dari reservoar permebalitas rendah (shale oil, shale gas, tightsand gas, coal bed methane, danĀ methane hydrate). Dalam hal sumberdaya mineral, istilah tersebut merujuk pada mineral tertentu yang masih jarang dieksploitasi serta teknik ekstraksinya yang sesuai, sedangkan dalam bidang lingkungan, istilah tersebut mengacu pada aspek keberlanjutan untuk perlindungan keseimbangan lingkungan.

Visi Pusat Kajian Sumberdaya Bumi Non-Konvensional Fakultas Teknik UGM adalah menjadi pusat keutamaan dalam penelitian, pelatihan, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang keilmuan dan teknologi sumberdaya bumi non-konvensional. Sedangkan misi Pusat Kajian Sumberdaya Bumi Non-Konvensional Fakultas Teknik UGM adalah berkontribusi aktif dalam bidang keilmuan dan teknologi mulai dari hulu sampai dengan hilir baik dibidang akademik maupun industri dalam rangka pemenuhan kebutuhan sumberdaya bumi secara berkesinambungan dengan tetap memperhatikan kelestarian lingkungan yang berkelanjutan.

Peran UGRG diharapkan dapat menjadi lembaga penelitian yang melakukan penelitian-penelitian untuk kepentingan pengembangan keilmuan serta untuk kepentingan langsung yang dapat diterapkan kepada masyarakat. Pada perkembangannya, kerjasama UGRG di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk penelitian dan pelatihan telah terjalin baik dengan berbagai mitra, diantaranya lembaga penelitian, pemerintah, industri baik swasta maupun BUMN, serta institusi pendidikan baik di dalam maupun luar negeri. Lebih lanjut, tim UGRG sangat terbuka untuk kerjasama dalam berbagai bentuk sehingga dapat bermanfaat lebih banyak bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Cakupan kajian penelitian dapat dilihat pada gambar 1&2

Gambar 1


Gambar 2

Selengkapnya, informasi mengenaiĀ Pusat Kajian Sumberdaya Bumi Non-Konvensional FT UGM dapat dilihat disini.