Pengumuman Beasiswa mahasiswa berprestasi, bantuan ukt, Bantuan penyusunan skripsi dan hibah inovasi akademik mahasiswa Departemen teknik geologi, ft ugm Periode Semester Ganjil 2016/2017

Pengantar:

Departemen Teknik Geologi FT UGM menerima amanah dana alumni untuk dipergunakan bagi peningkatan pendidikan di Departemen Teknik Geologi. Pada periode Semester Ganjil 2016/2017 ini alokasi penggunaan dana disalurkan untuk beberapa kegiatan yaitu Beasiswa Mahasiswa Berprestasi, Bantuan UKT, Bantuan Penyusunan Skripsi dan Program Hibah Inovasi Akademik Mahasiswa Geologi.

  1. Beasiswa Mahasiswa Berprestasi
  2. Target Mahasiswa

Tujuh (7) mahasiswa Program Studi S-1 aktif Departemen Teknik Geologi, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada yang akan menerima beasiswa sebesar Rp 1,500.000,-.

  1. Syarat dan Ketentuan
    1. Mempunyai Indeks Prestasi (IP) Semester Genap 2015/2016 ≥ 3,5, dibuktikan dengan Lembar KHS yang sudah disahkan Sekretaris Departemen.
    2. IP tersebut diperoleh dari minimal 18 SKS.
    3. Membuat surat lamaran beasiswa yang ditujukan kepada Ketua Departemen Teknik Geologi, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada.
    4. Membuat CV dengan foto berwarna ukuran 3 x 4.
    5. Berkas dikumpulkan kepada Sekretariat Prodi S-1 Teknik Geologi (Mbak Fany), paling lambat 30 September 2016.
  1. Bantuan UKT (Uang Kuliah Tunggal)
    1. Target Mahasiswa,

Tujuh (7) mahasiswa Program Studi S-1 aktif Departemen Teknik Geologi, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada akan menerima bantuan pembayaran UKT  per semester. Besaran bantuan ditentukan berdasarkan penilaian pengurus Departemen, berkisar antara Rp. 1,000,000 – Rp. 2,000,000,-

  1. Syarat dan Ketentuan
  2. Mempunyai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Sebesar ≥ 3,0 dibuktikan dengan Lembar transkrip nilai yang sudah disahkan Sekretaris Departemen.
  3. Bagi mahasiswa angkatan 2016, ditunjukkan dengan nilai ijazah SMA dan nilai NEM.
  4. Membuat surat lamaran Bantuan UKT yang ditujukan kepada Ketua Departemen Teknik Geologi, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada, disertai dengan data yang diperlukan untuk menerima bantuan UKT.
  5. Membuat CV dengan foto berwarna ukuran 3 x 4.
  6. Berkas dikumpulkan kepada Sekretariat Prodi S-1 Teknik Geologi (Mbak Fany), paling lambat 30 September 2016.
  1. Bantuan Penyusunan Skripsi
    1. Target Mahasiswa

Tujuh (7) mahasiswa aktif Program Studi S-1 Departemen Teknik Geologi Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada akan menerima Bantuan Penyusunan Skripsi. Besaran bantuan ditentukan berdasarkan penilaian pengurus departemen, berkisar antara Rp. 1,500,000,- sampai Rp. 2,000,000,-

  1. Syarat dan Ketentuan
  1. Mengambil mata kuliah Skripsi untuk semester Ganjil 2016/2017, dibuktikan dengan fotokopi Kartu Rencana Studi.
  2. Target akan selesai skripsi pada semester ini atau semester depan (pada semester ini harus sudah ujian proposal)
  3. Diutamakan skripsi dengan mengambil data primer di lapangan
  4. Membuat surat lamaran Bantuan Penyusunan Skripsi yang ditujukan kepada Ketua Departemen Teknik Geologi, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada.
  5. Surat lamaran dilengkapi dengan proposal yang sudah disetujui oleh dosen pembimbing skripsi/calon dosen pembimbing skripsi.
  6. Berkas dikumpulkan kepada Sekretariat Prodi S-1 Teknik Geologi (Mbak Fany), paling lambat 30 September 2016.
  1. Program Hibah Inovasi Akademik Mahasiswa Geologi (Pro-Hibah INOKAGEO)
  2. Latar Belakang

Program Hibah Inovasi Akademik Mahasiswa Geologi (Pro-Hibah INOKAGEO) merupakan program kreasi yang didasari atas karsa dan nalar mahasiswa. Program ini bersifat konstruktif dan harus mampu menghasilkan suatu sistem, desain, model/barang atau prototip dan sejenisnya. Inovasi tersebut bertujuan untuk memudahkan proses pembelajaran matakuliah berbasis ilmu geologi.

  1. Output

Output dari Pro-Hibah INOKAGEO adalah sistem, desain, barang, dan prototip.

  1. Target Mahasiswa

Tiga sampai empat (3 – 4) kelompok mahasiswa (S-1/S-2) aktif Departemen Teknik Geologi, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada.

  1. Syarat Usulan dan Ketentuan Hibah
    1. Pengusul program hibah adalah kelompok mahasiswa yang sedang aktif dan terdaftar mengikuti program pendidikan S-1/S-2;
    2. Setiap kelompok mahasiswa pengusul terdiri dari 1 (satu) ketua dan maksimal 3 (tiga) anggota. Kelompok boleh campuran antara mahasiswa S-1 dan S-2.
    3. Seorang mahasiswa hanya boleh mengusulkan satu judul kegiatan sebagai ketua;
    4. Nama-nama pengusul (ketua dan anggota) harus ditulis lengkap dan tidak boleh disingkat;
    5. Setiap ketua kelompok harus mahasiswa Departemen Teknik Geologi sedangkan anggota kelompok boleh dari program studi lain di UGM;
    6. Setiap judul usulan melibatkan seorang dosen pembimbing, yang berasal dari Departemen Teknik Geologi;
    7. Keanggotaan setiap kelompok program hibah disarankan berasal dari minimal dua angkatan yang berbeda;
    8. Besarnya dana kegiatan per judul yang diusulkan maksimal Rp 000.000,00 (lima juta rupiah);
    9. Jumlah halaman maksimum yang diperkenankan untuk setiap usulan adalah 10 halaman (tidak termasuk Halaman Kulit Muka, Halaman Pengesahan, Daftar Isi, Daftar Gambar, CV pengusul serta Surat Pernyataan Kesediaan Mitra); dan
    10. Keseluruhan usulan disimpan dalam satu file format PDF dengan ukuran file maksimum 5 MB dan diberi nama ‘NamaKetuaPeneliti_Pro-Hibah INOKAGEO.pdf’, selanjutnya dikirim via email ke geologi@ugm.ac.id dan akademikmahasiswatgl@gmail.com serta mengumpulkan hardcopy dikumpulkan di Sekretariat Prodi S-1 Teknik Geologi (Mbak Fany).
  1. Sistematika Usulan Kegiatan

Usulan program hibah ditulis menggunakan huruf Times New Roman font 12 dengan jarak baris 1,5 spasi kecuali ringkasan satu spasi dan ukuran kertas A-4 serta mengikuti sistematika sebagai berikut.

  1. HALAMAN SAMPUL (Lihat lampiran 1)
  2. HALAMAN PENGESAHAN (Lihat lampiran 2)
  3. DAFTAR ISI
  4. RINGKASAN (maksimum 1 halaman)

Pada bagian ini kemukakan tujuan dan target khusus yang ingin dicapai serta metode yang akan dipakai dalam pencapaian tujuan tersebut. Ringkasan harus mampu menguraikan secara cermat dan singkat tentang rencana kegiatan yang diusulkan.

  1. BAB 1. PENDAHULUAN

Pada bagian ini uraikan proses dalam mengidentifikasi masalah yang akan dicari solusinya yang merujuk pada berbagai sumber pustaka, pandangan singkat dari para penulis lain yang pernah melakukan pembahasan topik terkait dapat dikemukakan di sini. Uraikan secara singkat pada bagian mana karsa cipta yang ditawarkan mampu memberikan nilai atau manfaat jangka panjang kepada tujuan utama program hibah ini. Luaran yang diharapkan dari kegiatan ini dan manfaat kegiatan juga harus disajikan pada bab ini.

  1. BAB 2. TINJAUAN PUSTAKA

Pada bab ini, uraikan kondisi umum lingkungan yang menimbulkan gagasan menciptakan yang didasari atas karsa dan nalar mahasiswa. Uraikan juga literatur yang memiliki keterkaitan dengan ide atau gagasan yang ditawarkan dan jika ada kemiripan, pada bagian mana karsa cipta yang ditawarkan memiliki perbedaan atau keunikan. Karsa cipta yang ditawarkan harus bersifat konstruktif dan mampu menghasilkan suatu sistem, desain,model/barang atau prototip dan sejenisnya serta memiliki daya guna yang jelas.

  1. BAB 3. METODE PELAKSANAAN

Pada bagian ini uraikan metode yang digunakan dalam pelaksanaan program secara rinci. Selain itu, uraikan juga teknik, cara atau tahapan pekerjaan dalam menyelesaikan permasalahan dan sekaligus pencapaian tujuan program. Untuk semua usulan program hibah yang didanai wajib mencantumkan Indikator Keberhasilan Jangka Pendek (IKJP).

  1. BAB 4. BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN
    • Anggaran Biaya

Ringkasan anggaran biaya disusun sesuai dengan format Tabel 1.

Tabel 1. Format Ringkasan Anggaran Biaya Pro-Hibah INOKAGEO PKM-KC.

No. Jenis Pengeluaran Biaya (Rp)
1 Peralatan penunjang, ditulis sesuai kebutuhan (20-30%)
2 Bahan habis pakai, ditulis sesuai dengan kebutuhan (30–40%)
3 Perjalanan, jelaskan kemana dan untuk tujuan apa (Maks. 15%)
4 Lain-lain: administrasi, publikasi, laporan karya ilmiah (Maks. 15%)
Jumlah
  • Jadwal Kegiatan

Jadwal kegiatanantara 3 (tiga) sampai 5 (lima) bulan dan disusun dalam bentuk tabel untuk rencana kegiatan yang diajukan dan sesuai dengan format berikut.

No. Jenis Kegiatan Bulan, 2016
1 2 3 4 5
1
2
  1. DAFTAR PUSTAKA

Daftar pustaka disusun berdasarkan sistem nama dan tahun, dengan urutan abjad nama pengarang, tahun, judul tulisan, dan sumber. Hanya pustaka yang dikutip dalam usulan kegiatan yang dicantumkan di dalam daftar pustaka.

  1. LAMPIRAN-LAMPIRAN

Lampiran 1. Biodata Ketua dan Anggota (lihat lampiran 3)

Lampiran 2. Penggunaan Anggaran Kegiatan (lihat lampiran 4)

Lampiran 3. Susunan Organisasi Tim Pelaksana dan Pembagian Tugas (lampiran 5)

Lampiran 4. Surat Pernyataan Ketua Pelaksana (Lampiran 6)

Lampiran 5. Gambaran Teknologi yang Hendak Dibuat.

  1. Pelaksanaan dan Pelaporan

Pelaksanaan Pro-Hibah INOKAGEO akan dipantau dan dievaluasi oleh penilai dari Departemen Teknik Geologi dalam bentuk Monitoring dan Evaluasi (monev). Pada akhir pelaksanaan kegiatan, setiap kelompok Pro-Hibah INOKAGEO melaporkan hasil kegiatan dalam bentuk kompilasi luaran kegiatan. Setiap kelompok Pro-Hibah INOKAGEO wajib melaporkan pelaksanaan kegiatan dengan melakukan hal-hal berikut:

  1. Mencatat semua kegiatan pelaksanaan program pada Buku Catatan Harian Kegiatan (logbook) dan mengisi kegiatan harian secara rutin terhitung sejak penandatanganan perjanjian kegiatan;
  2. Mengirim laporan ke geologi@ugm.ac.id dan akademikmahasiswatgl@gmail.com, berupa softcopy laporan akhir (format sama dengan proposal) dalam format pdf dengan ukuran file maksimum 5 MB, berikut softcopy output kegiatan (publikasi ilmiah dan atau paten, makalah yang diseminarkan) atau dokumen bukti luaran;
  3. Semua catatan harian, laporan kemajuan, dan laporan akhir dipresentasikan pada Monev Pro-Hibah INOKAGEO.
  1. Tanggal Penting

Batas pengumpulan usulan                 : 30 September 2016

Pengumuman usulan yang didanai   : 5 Oktober 2016

Pelaksanaan kegiatan                            : 6 Oktober –28 Februari 2017

Monev Tengah                                         : 18 – 21 Desember 2016

Monev Akhir                                              : 20 – 28 Feruari 2017

Hasil Inovasi akan dipamerkan pada acara Geoweek 2017.

  1. Lampiran Format-format

untuk contoh format proposal lebih lengkap silahkan silahkan unduh pada link ini