Seminar Kolokium Mahasiswa – Gelya Kandida Elisabeth Sembiring

1. Sari:

Salah satu sumber kemunculan air tanah adalah mata air. Di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa  Yogyakarta, mata air memiliki peranan penting dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari, seperti Mata Air Clereng dan Mata Air Mudal.  Karena pemanfaatan mata air memberi dampak besar dalam kehidupan sehari-hari, maka dibutuhkan perhatian khusus dan pengetahuan akan kimia air tanah pada kedua mata air untuk mengetahui aspek geokimia yang berkaitan erat dengan kondisi hidrogeologi. Metode analisis geologi menggunakan analisis sayatan tipis (petrografi). Metode analisis hidrogeologi menggunakan uji permeameter. Metode analisis kimia air tanah menggunakan metode Ion Chromatography (IC), sedangkan analisis kandungan logam menggunakan metode Atomic Absorption Spectometry (AAS). Secara geomorfologi dan geologi, Mata Air Clereng termasuk ke dalam bentangalam struktural, yaitu teras struktural patahan lemah yang tersusun oleh litologi berupa rudstone, sedangkan Mata Air Mudal termasuk ke dalam bentangalam karst, yaitu kerucut karst membulat yang tersusun oleh litologi berupa mudstone. Air tanah pada kedua mata air tidak mengalir melalui porositas batuan, melainkan melalui rekahan dan perbedaan kemiringan lapisan, serta lubang-lubang hasil pelarutan (karstifikasi). Berdasarkan nilai sifat fisika – kimia dan kandungan logam pada air tanahnya, Mata Air Clereng dan Mata Air Mudal mengalirkan air tanah yang termasuk ke dalam kategor baik karena nilainya berada dibawah ambang batas maksimum. Tipe air tanah Mata Air Clereng dan Mata Air Mudal adalah kalsium bikarbonat (Ca2+ – HCO3-) dan alkaline earth water (predominantly hydrogencarbonate). Dominasi ion kalsium dan ion bikarbonat pada kedua mata air disebabkan karena adanya pelarutan batuan disekitar aliran air tanah yang bersifat karbonatan.

Kata Kunci: geokimia air tanah, kualitas air tanah, mata air

2. Link :

https://meet.google.com/pqo-fjfx-srh

3. Waktu :

Hari, Tanggal     : Kamis, 16 Juni 2022

Pukul                : 13.00 sd. 14.30  WIB

4. Keterangan :

  • Nama, Nim Mahasiswa : Gelya Kandida Elisabeth Sembiring, 18/431169/TK/47762
  • Dosen Pembimbing Utama : Dr.rer.nat.Doni Prakasa Eka Putra, S.T., MT., IPM.
  • Dosen Pembimbing Pendamping : Ir. Esti Handini, S.T., M.Eng., D.Sc.
  • Judul Kolokium : Geokimia Mata Air Clereng Dan Mudal Di Kecamatan Pengasih Dan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, D. I. Yogyakarta.

Catatan :

Peserta kolokium di luar civitas Departemen Teknik Geologi FT UGM, jika ingin mengikuti kolokium dimohon untuk meminta ijin terlebih dahulu.