Seminar Kolokium Mahasiswa – Aditya Junansyah P

1. Sari :

Industri konstruksi di Indonesia sangat bergantung pada pasir sebagai komponen utama untuk bahan material konstruksi. Endapan pasir vulkanik dari erupsi Merapi 2010 dibedakan menjadi 2 jenis berdasarkan lokasi sumber yaitu sungai dan darat. Penambangan pasir yang dilakukan secara ekonomis adalah pasir sungai. Sungai Krasak menjadi salah satu sungai dengan potensi pasir alam untuk materil konstruksi. Penentuan pemanfaatan pasir sebagai material konstruksi diatur dalam beberapa standar, di antaranya adalah Peraturan Beton Indonesia
(PBI) 1971 dan Standar Nasional Indonesia (SNI) 0368202002. Karakteristik morfologi butir dan mineralogi menjadi faktor utama yang menentukan kelayakan pasir sebagai material konstruksi. Pada penelitian ini didapatkan hasil bahwa endapan pasir Sungai Krasak memiliki rentang ukuran butir dari 0,06 mm sampai 0,8 mm. Bentuk butir bervariasi, dengan bentuk yang dominan adalah equant. Ratarata butir pasir memiliki derajat kebolaan equent dan tingkat kebundaran subangular. Mineralogi yang dijumpai didominasi oleh mineral primer kfeldspar, plagioklas, piroksen, dan hornblenda. Mineral lempung hasil alterasi yang hadir antara lain adalah klorit yang menggantikan piroksen dan hornblenda dengan intensitas rendah, serta montmorillonit menggantikan massa dasar material gelasan. Sesuai dengan persyaratan dari PBI 1971 dan SNI 0368202002, pasir pada lokasi penelitian memenuhi syarat untuk menjadi material konstruksi, dengan kualitas maksimal pasir untuk agregat halus terdapat pada STA 3 dan kualitas minimal terdapat pada STA 5.

Kata kunci: endapan pasir sungai, agregat halus, material konstruksi, morfologi  butir, mineralogi endapan vulkanik

2. Link :

https://meet.google.com/phc-vjkw-ahe

3. Waktu :

Hari, Tanggal : Selasa, 28 Juni 2022
Pukul : 09.00 sd. 10.30 WIB

4. Keterangan :

  • Nama, Nim Mahasiswa : Aditya Junansyah P, 15/385032/TK/43694
  • Dosen Pembimbing Utama : Ir. Anastasia Dewi Titisari, M.T., Ph.D., IPU.
  • Dosen Pembimbing Pendamping : Agus Hendratno, S.T., M.T.
  • Judul Kolokium : Karakteristik Morfologi dan Mineralogi Pasir Sungai Krasak dan Rekomendasi
    Pemanfaatannya untuk Material Konstruksi.

Catatan :

Peserta kolokium di luar civitas Departemen Teknik Geologi FT UGM, jika ingin mengikuti kolokium dimohon untuk meminta ijin terlebih dahulu.