Seminar Kolokium Mahasiswa – Hariro Zahra

1. Sari :

Industri baja merupakan salah satu indrustri strategis di Indonesia.  Sayangnya, sampai saat ini bahan baku industri baja masih menggunakan besi impor. Berdasarkan penelitian sebelumnya, diketahui bahwa pasir besi di Cipatujah dan Cikalong, Tasikmalaya, Jawa Barat memiliki potensi dalam pemanfaatannya, sehingga dilakukan penelitian mengenai karakteristik pasir besi di kedua daerah tersebut dengan metode penelitian berupa perhitungan derajat kemagnetan (MD), perhitungan bobot isi (SG), analisis mineralogi butir ayak, analisis mikroskopi bijih, analisis XRF, analisis ICPOES, dan analisis mikroXRF. Berdasarkan hasil dari penelitian tersebut, diketahui bahwa endapan pasir besi di kedua daerah memiliki warna yang gelap dengan ukuran butir bervariasi dari very coarse hingga very fine sand dengan nilai MD 0,408% 55,8% dan SG 1,47 gr/cm3 4,17 gr/cm3. Mineral yang dijumpai di kedua kecamatan adalah magnetit, ilmenit, hematit, hydrous iron oxide, piroksen, amfibol, garnet, kuarsa, ankerit, zirkon, dan plagioklas. Selain itu, dijumpai pula fragmen batuan, cangkang kerang/fosil, serta lempung. Kelimpahan magnetit bertambah seiring dengan titik pemboran yang semakin menjauhi pantai, dan semakin banyak sungai yang memasok material endapan, maka kandungan
magnetitnya juga akan semakin tinggi. Pasir besi daerah Cipatujah dan Cikalong, Tasikmalaya secara umum berasal dari Gunung Cikuray dan batuan vulkanik berkomposisi andesitmafik dari Formasi Jampang yang berasal dari tatanan tektonik continental arc dengan maturitas sedimen rendah.

Kata Kunci: Pasir besi, Tasikmalaya, magnetit

2. Link :

http://meet.google.com/osz-hgwr-ggc

3. Waktu :

Hari, Tanggal : Jumat, 19 Agustus 2022
Pukul : 10.00 sd. 11.30 WIB

4. Keterangan :

  • Nama, Nim Mahasiswa : Hariro Zahra, 18/431170/TK/47763
  • Dosen Pembimbing Utama : Dr.rer.nat. Ir. Arifudin, S.T., M.T., IPU.
  • Dosen Pembimbing Pendamping : Tatik Handayani, S.T. M.T.
  • Judul Kolokium : Karakteristik Fisik dan Kimia Endapan Pasir Besi Daerah Cipatujah dan Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat.

Catatan :

Peserta kolokium di luar civitas Departemen Teknik Geologi FT UGM, jika ingin mengikuti kolokium dimohon untuk meminta ijin terlebih dahulu.