Seminar Kolokium Mahasiswa – Fiqra Auvan

1.  Sari :

Pembangunan terowongan 1 Jalan Tol Ruas Sigli ± Banda Aceh merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera yang akan menghubungkan Kota Banda Aceh, Kabupaten Aceh Besar, dan Kabupaten Pidie. Lokasi pembangunan terowongan 1 secara administrasi berada di Gampong Pulo Hagu, Kecamatan Padang Tiji, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik geologi teknik meliputi batuan dan tanah, geomorfologi, struktur geologi dan kondisi air tanah serta untuk mengetahui kondisi kestabilan lereng portal inlet dan outlet terowongan. Pengambilan data lapangan permukaan dilakukan dengan melakukan pemetaan geologi teknik menggunakan peta dengan skala 1:12.500. Pengujian laboratorium yang dilakukan berupa pengujian sifat fisik, sifat indeks dan sifat mekanika batuan dan tanah. Hasil dari pengujian laboratorium lalu digunakan untuk menganalisis kondisi tingkat pelapukan batuan, penilaian kualitas massa batuan permukaan berdasarkan GSI, dan kondisi tingkat kestabilan lereng portal inlet dan outlet terowongan
dengan metode kesetimbangan batas.
Litologi daerah penelitian tersusun oleh batupasir karbonatan, batulanau karbonatan dan batupasir dengan tingkat pelapukan lapuk tinggi dan lapuk sedang. Kualitas massa batuan ditentukan berdasarkan klasifikasi Geological Strength Index (GSI) dan kemudian didapatkan tiga kelas kualitas massa batuan yaitu kualitas sangat buruk (nilai GSI <= 20), kualitas buruk (nilai GSI 25-40) dan
kualitas sedang (nilai GSI 45-50). Kondisi kestabilan lereng ditentukan menggunakan analisis kesetimbangan batas dengan metode Bishop’s Simplified dengan kriteria keruntuhan Mohr-Coulomb dan Generalized Hoek-Brown. Pemodelan dilakukan pada lereng portal inlet dan outlet terowongan. Hasil analisis berupa nilai faktor keamanan (FK) pada masing-masing sayatan, pada lereng portal inlet terowongan sebesar 4,728 secara keseluruhan dan pada salah satu segmen sebesar 2,574 serta pada lereng portal outlet terowongan sebesar 3,191 secara keseluruhan dan pada salah satu segmen sebesar 1,692. Berdasarkan hasil dari analisis kestabilan lereng tersebut dapat diketahui bahwa tingkat
kestabilan lereng portal inlet dan outlet terowongan berada pada kondisi aman dan stabil, baik secara keseluruhan maupun persegmen.

Kata kunci: Terowongan Sigli ± Banda Aceh, karakteristik geologi teknik, Geological Strength Index, analisis kesetimbangan batas, faktor keamanan.

2. Link Meeting :

Video call link: https://meet.google.com/mxd-ceki-bou
Or dial: ‪(US) +1 209-680-6281‬ PIN: ‪598 913 399‬#

3. Waktu :

Senin, 27 Desember 2021, pukul : 10.30 sd. 11.30 WIB

4.  Keterangan

  • Nama, Nim Mahasiswa : Fiqra Auvan, 17/413635/TK/46075
  • Dosen Pembimbing Utama : Ir. I Gde Budi Indrawan, S.T., M.Eng., Ph.D., IPM.
  • Dosen Pembimbing Pendamping : Ir. Nugroho Imam Setiawan, S.T., M.T., D.Sc., IPM.
  • Judul Kolokium : Karakteristik Geologi Teknik Lokasi Rencana Terowongan 1 Jalan Tol Ruas Sigli – Banda Aceh, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh.

Catatan :

Peserta kolokium di luar civitas Departemen Teknik Geologi FT UGM, jika ingin mengikuti kolokium dimohon untuk meminta ijin terlebih dahulu.

Terima kasih.