Kembali Selenggarakan Konferensi Internasional, kali ini ICGoES 2024 bekerja sama dengan AUN/SEED-Net Regional Conference

Departemen Teknik Geologi Fakultas Teknik UGM kembali menyelenggarakan International Conference on Geological Engineering and Geosciences (ICGoES) 2024 bekerja sama dengan AUN/SEED-Net Regional Conference yang dikoordinatori oleh Rahmadi Hidayat, S.T., M.Eng., Ph.D.

ICGoES 2024 mengangkat tema “Advancing Earth Sustainability through Geosciece and Technology” dan diselenggarakan pada tanggal 12 – 13 September 2024 secara hybrid di Ruang Auditorium Gedung Smart and Green Learning Center (SGLC) Fakultas Teknik UGM dan melalui platform online. ICGoES 2024 menjadi forum bagi peneliti internasional, akademisi, praktisi, dan komunitas terkait untuk dapat saling berbagi mengenai penelitian mereka, mereview dan berdiskusi terkait bidang teknik geologi dan geosains.

Mewakili Dekan Fakultas Teknik UGM, Prof. Dr. Ir. Sugeng Sapto Surjono, S.T , M.T., IPU, ASEAN Eng. sebagai Wakil Dekan Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan Fakultas Teknik UGM, turut hadir dan membuka Konferensi Internasional tersebut secara resmi. Sambutan juga diberikan oleh Dr.Eng. Ir. Agung Setianto, S.T., M.Si., IPM. selaku Ketua Departemen Teknik Geologi Fakultas Teknik UGM.

Tema konferensi tahun ini relevan bagi negara-negara berkembang di kawasan ASEAN yang perlu mencapai kesepakatan bersama bahwa teknologi sangat penting untuk menjaga keberlangsungan sumber daya geologi dan mengatasi tantangan dalam mitigasi bencana geologi. Diperlukan pendekatan terpadu dan upaya kolaboratif untuk membangun Bumi yang berkelanjutan bagi generasi mendatang. Tema konferensi ini secara khusus ditujukan sebagai langkah awal untuk mencapai pendekatan dan kolaborasi tingkat regional yang terkoordinasi di ASEAN dan Jepang. Cakupan tema ini juga mencakup banyak aspek mulai dari kesadaran dan kesiapsiagaan bencana hingga keberlangsungan sumber daya geologi dan penggunaan sumber energi terbarukan.

Acara yang diselenggarakan secara hybrid ini, secara langsung di Yogyakarta dan seluruh dunia, memberikan kesempatan bagi semua peserta untuk berdiskusi serta memperluas jaringan mereka. Selain itu, memberi kesempatan bagi komunitas untuk mencapai pendekatan kolaboratif dan terkoordinasi di masa mendatang di tingkat regional dan internasional serta memperluas kemitraan global.

Topik dalam konferensi tersebut mencakup topik rekayasa geologi dan geo-sumber daya dan bidang penelitian terkait termasuk geologi terapan dan geosains, geofisika, geokimia, geologi teknik, rekayasa geo-lingkungan.

Pada kesempatan ini, Departemen Teknik Geologi mengundang Keynote Speakers dari berbagai negara antara lain Prof. Kotaro Yonezu (Kyushu University), Prof. Kyuro Sasaki (Institute for Future Engineering), dan Prof. Amanda Clarke (Arizona State University) serta Narasumber dari instansi di Indonesia yaitu Dr. Ir. Hedy Rahadian, M.Sc. (Kementerian PUPR) dan Johan Arif, S.T., M.Sc. (PT. J Resources).

Dalam penyelenggaraannya, ICGoES 2024 terdiri plenary session berupa diskusi panel dan sesi paralel dengan topik-topik yang berbeda-beda. Berikut merupakan daftar Best Presenter pada ICGoES 2024 kali ini:

  1. Best Presenter kategori Applied Geosciences

“Preliminary Assessment of The Groundwater System in Pajangan Hill as A-Non-Groundwater Basin Area” oleh Y. Hadameon, H. Hendrayana, M.F. Dirgantoro (UGM)

  1. Best Presenter kategori Georesources

“Coal Characteristics of the Balikpapan Formation in Sanga-Sanga area, Lower Kutai Basin, East Kalimantan, Indonesia oleh T. Setiawan, B. Rahmad, S. Raharjo, S. Umiyatun (UPN “Veteran” Yogyakarta)

  1. Best Presenter kategori Earth Sustainibility

“The Effects of Ultraviolet Irradiation Treatment on the Surface Properties of Microplastics” oleh P. Srichonphaisarn, S. Pit. P. Julapong, C.B. Tabelin, D. Janjaroen, T. Phengsaart (Chulalingkorn University)

 

Humas – September 2024